Sepanjang 2010, ada 123 aksi korporasi yang dilakukan emiten

JAKARTA. Sepanjang tahun 2010, terdapat 123 aksi korporasi yang dilakukan para emiten. Aksi korporasi yang paling banyak dilakukan perusahan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah dengan melakukan transaksi terafiliasi alias transaksi yang mengandung unsur benturan kepentingan yaitu sebanyak 53 emiten.

Dari data yang dikeluarkan Badan Pengawasa Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), terlihat ada 11 jenis aksi korporasi yang dilakukan perusahaan publik tersebut. Pertama, penggabungan usaha (marger) ada dua yaitu PT Tri Polyta Tbk marger dengan PT Candra Asri serta PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menggabungkan usaha dengan PT Multiphala Agrinusa dan PT Bintang Terang Gemintang.

Kedua, ada sepuluh emiten yang melangsungkan tender offer alias penawaran tender. Ketiga, 12 emiten melangsungkan transaksi material. Keempat, ada dua perusahaan melakukan perubahan nama. Kelima, enam emiten telah melakukan perubahan kegiatan usaha utama.

Keenam, 53 emiten di tahun ini sudah melangsungkan transaksi afiliasi. Ketujuh, ada 11 perusahaan melakukan penambahan modal tanpa HMETD. Kedelapan, 12 emiten telah melakukan transaksi material sekaligus transaksi afiliasi. Kesembilan, delapan emiten melakukan pembelian kembali saham.
Kesepuluh, lima emiten sudah melakukan pembelian kembali obligasi. Dan kesebelas adalah kuasi reorganisasi yang dilakukan dua emiten yaitu PT Suryamas Duta Makmur Tbk dan PT Holcim Indonesia Tbk

oleh Anna Suci Perwitasari

sumber.

0 Response to "Sepanjang 2010, ada 123 aksi korporasi yang dilakukan emiten"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme